UPAYA PENINGKATAN TENAGA TERAPI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENSEJAHTERAKAN KELUARGA DI KAB. ACEH BESAR.

Abstrak

UPAYA PENINGKATAN TENAGA TERAPI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENSEJAHTERAKAN KELUARGA DI KAB. ACEH BESAR.

Anak dengan kebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan mengalami kelainan baik secara phisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya mempunyai kelainan dibandingkan dengan anak-anak lain pada umumnya, sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan khusus yang merupakan hak dasar mereka.

Jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia dari tahun ketahun terus meningkat. berdasarkan survey antar sensus Badan Pusat Statistik 2005 memperkirakan dari 22,8 juta penduduk rentang usia 5-14 tahun, 4,2 juta atau 10 persen diantaranya merupakan anak berkebutuhan khusus yang terbesar di 34 Provinsi di Indonesia.

Salah satu kabupaten yang memiliki anak berkebutuhan khusus tertinggi di Provinsi Aceh adalah Kabupaten Aceh Besar. Menurut data yang dihimpun dari Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan di Aceh Besar pada tahun 2014 menyebutkan ternyata ada sekitar 243 anak berkebutuhan khusus yang tersebar di 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar dan ternyata 50% dari anak-anak tersebut menderita Celebral Palsy (CP).

Namun jumlah tenaga terapi di Kabupaten Aceh besar sangat minim atau bisa dikatakan belum memadai sesuai dengan kebutuhan. menurut data Dinas Sosial, Tenaga Kerja, Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Aceh besar hanya ada 7 orang saja tenaga terapi yang ada di 7 kecamatan dari 23 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar, ini artinya bahwa masih ada 16 kecamatan lainnya yang masih belum mempunyai tenaga terapi. padahal idealnya setiap kecamatan minimalnya harus memiliki 1 orang tenaga terapi.

Untuk itu sebagai solusi yang dapat ditawarkan oleh penulis adalah memberikan keterampilan dasar kepada Ibu Rumah Tangga yang mempunyai anak berkebutuhan khusus di kabupaten aceh besar, agar mampu menerapi anaknya masing-masing di rumah sehingga memudahkan anak mereka untuk mendapatkan pelayanan yang menjadi hak dasar mereka.

Adapun metode pelaksanaan untuk mengupayakan peningkatan tenaga terapi di Kabupaten Aceh Besar dengan cara Family Teraphy Skill, yaitu memberikan keterampilan dasar bagi Ibu Rumah Tangga yang mempunyai anak berkebutuhan khusus agar mampu menerapi anaknya, keterampilan tersebut seperti: Keterampilan Menganalisa Tingkah Laku, Keterampilan Terapi Wicara, Kerampilan Terapi Okupasi, Keterampilan Mengembangkan Kemampuan Sosial, Kerampilan Terapi Fisik/Fisioterapi, Keterampilan Menerapi Sambil Bermain, Keterampilan Menerapi Tingkah Laku, Keterampilan Menerapi Perkembangan Anak, dan Keterampilan Menerapi Secara Visual.

Data kajian ini diperoleh dari sumber perpustakaan seperti makalah, artikel ilmiah, skripsi dan buku bacaan maupun hasil penyelidikan terdahulu. Dan dengan menggunakan metodologi observasi, dokumenter dan wawancara.

Riki Ramdani

About

Nama saya adalah Riki Ramdani, kelahiran 1994 di salah satu kabupaten di Aceh. yaitu, Kabupaten Nagan Raya. sekarang saya berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Sosiologi.

View all posts by